Tentang Menukar Uang

Pergi ke Luar Negeri mau gak mau harus berurusan dengan mata uang negara tersebut. Beberapa kali ke berkunjung ke negara tetangga ternyata paling nyaman jika kita sudah menukar uang sejak di Indonesia. Tentunya perlu perencanaan berapa yang perlu dibawa untuk keperluan kunjungan kita. Kalau sampai perkiraan kita meleset (baca: kurang) cadangan apa yang perlu kita bawa? Yuk mari dibahas per negara yang pernah saya kunjungi.

Arab Saudi
Saya ke sini pas sedang gonjang – ganjing krisis ekonomi 2008, sehingga kurs-nya sempat acak – acakan. Paling OK kursnya saat menukar di Indonesia, di daerah Ampel, Surabaya, 1 SAR = 3100. Paling ancur saat menukar di daerah Aziziyah 1 SAR = 3571. Tapi bisa menukar Rupiah dengan SAR di Saudi. Di sekitaran Masjidil Haram nilai tukarnya lebih bagus ketimbang di daerah lain.

Malaysia
Pas ke sini saya hanya Ringgit secukupnya untuk sampai hotel, antisipasi kalau money changer tutup. Tapi untungnya saat saya mendarat pukul 10 malam di LCCT money changer masih buka, dan menukar USD 100 u/perjalanan saya selama 3 hari di sana. Di sini masih bisa tukar Rupiah juga Cuma kurs-nya masih lebih bagus di Indonesia.

Singapura
Karena saya sampai di Singapura pukul 12 malam dan di sekitar tempat saya tiba sudah tidak ada money changer, saya menukar sebatas kebutuhan naik taksi sampai tujuan. Sisanya saya menukarkan sangu USD di daerah Orchard. Di sana juga ternyata bisa menerima Rupiah, hanya saja gak sempat membandingkan kurs. Lalu pernah bertanya juga di Bandara Changi apa bisa menukarkan Rupiah ternyata bisa dan jika dihitung masih lebih menguntungkan dibandingkan menukarkan USD.

Thailand
Di sini susaaaaaaaaaaaaah banget mau menukarkan rupiah ke Baht, kalaupun ada kursnya bener2 gak asyik sama sekali. Untungnya yang tour operator yang saya ikuti sering banget berhubungan dengan Indonesia sehingga masih bisa nuker dengan kurs yang agak sopan. Saran, bawa Baht dari Indonesia dalam jumlah cukup atau bawa USD untuk ditukar di sini. Kurs-nya terkadang lebih bagus kalau bawa USD, cukup terasa kalau kita menukar dalam jumlah yang besar.
Di Bandara Suvarnabhumi sepertinya Money Changer selalu buka, tapi tidak dengan demikian di Chiang Mai. Saat teman2 mendarat pukul 12 malam, tempat penukaran uang sudah tutup.

Australia
Di sini sangat disarankan sudah membawa mata uang AUD dalam jumlah yang cukup. Memang money changer tersedia di banyak tempat, hanya saja jika menukarkan uang di sana akan kena biaya dan komisi sehingga nilainya sangat jauh berbeda jika ditukarkan di tenah air. Bahkan jika kita membawa USD. Kalaiu menukar Rupiah? Bakal lebih sakit hati lihat exchange rate-nya.

Vietnam
Baru pertama kali saya datang ke negara yang memakai 2 mata uang, Dong dan USD, bahkan untuk transaksi di pinggir jalan. Kalau bertransaksi di restoran, kafe, toko suvenir akan keluar harga dalam Dong dan USD. So, kalau bepergian ke Vietnam cukup bawa USD (terutama dalam pecahan kecil). Mungkin akan perlu Dong untuk naik bis ataupun taksi. Tapi cukup tukarkan di money changer di sekitar anda. Saya sendiri hanya menukarkan sisa THB saya ke VND, dan memakai sedikit pecahan kecil USD.

Indonesia
Saya merasa perlu menulis tentang menukar uang di Indonesia, ternyata saat mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, masih belum ada Money Changer sama sekali😦 padahal ada penerbangan yang tiba pukul 12 malam. Money Changer hanya ada di Terminal 2, dan saya ragu pada jam tersebut masih beroperasi. Saya juga tidak ingat pernah melihat money changer d Bandara Juanda (semoga saya salah)

This entry was published on Januari 26, 2012 at 5:01 pm and is filed under Money Changer, Perjalanan, Tips, Wisata. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Tentang Menukar Uang

  1. kalo sangu kartu kredit aja gimana? pernah ngincipi transaksi pake kartu kerdit (terbitan indonesia) di negara lain? exchange rate-nya ok nggak?

  2. Pernah, tapi gak sering2, misal pas ada sale sepatu pake CCku yg aku punya. Kesan umum sih exchange rate-nya sdkt lebih tinggi dibandingkan yg tukar langsung.
    Pake CC Bank yg interlokal kayak HS** atau CI** lebih gampang di negara2 yg aku kunjungi.

Tinggalkan Balasan

