How To Plan Ur Bangkok Trip

Dari 2x main ke Bangkok dan akan ke sana sekali lagi, mau sedikit berbagi bagaimana bisa dengan aman dan nyaman berlibur di sana😀

Menentukan Tempat Tujuan
Kebalikan dengan orang – orang biasanya, saya merasa perlu u/ menetapkan tempat tujuan selama kita di sana (siapa tahu mau berkunjung ke kota selain Bangkok), kita dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk tinggal di sana (karena ada tempat yang buka di akhir pekan atau hanya buka malam saja), anggaran (untuk masuk tempat wisata, transportasi, dan makan), serta tempat kita menginap. Mengenai tempat tujuan bisa diintip di http://www.tourismthailand.org/campaign/en/ atau membuka www.lonelyplanet.com/thailand, blog searching serta ikutan milis n forum tentang perjalanan.

Memesan Tiket
Tidak dipungkiri adanya maskapai dengan tagline Semua Orang bisa Terbang memungkinkan kita terbang langsung ke Bangkok dengan biaya cukup murah. Saya pernah dapat tiket 900 ribu pp lengkap dan bagasi + makan, sayangnya saya membatalkan keberangkatan karena banjir bulan Oktober lalu. Dengan sudah memiliki rancangan perjalanan kasar kita bisa memperkirakan butuh berapa hari di sana, dan akan dimulai dan diakhiri pada hari apa  (berkaitan dengan tempat tujuan yang akan dikunjungi) yang akan membantu kita saat membeli tiket dan siapa tahu dapat tiket harga promo😀

Memesan penginapan
Penginapan di Bangkok harganya sangat bervariasi, dari yang nebeng di rumah penduduk, dormitori, hostel bahkan hotel berbintang kejora😀 Pilih yang sesuai dengan budget, kenyamanan, akses transportasi ke tempat tujuan anda. Kalau saya menambahkan kriteria dekat masjid atau tempat makanan halal, atau yang memiliki akses yang mudah dengan makanan halal. Untuk memesan hotel saya biasa membandingkan harga dan ulasan di Agoda, Booking.com, hostelworld.com,  serta membaca ulasan dari pejalan lainnya di milis dan forum tentang perjalanan.
Bocorannya, saya akan memilih penginapan di sekitar BTS Ratchaprarop, BTS Phaya Thai, BTS Ratchadewi serta BTS Saphan Thaksin atau daerah Th Chakrabongse, pilihan hotelnya yang kemudian akan menyesuaikan dengan budget yang ada.

Transportasi
Dulu Bangkok terkenal dengan kemacetannya (masih sih sampai sekarang) tapi juga tersedia transportasi umum yang layak sebagai alternatif saat jam macet seperti Sky Train dan Metro, juga ada Chao Phraya River Express yang akan memudahkan kita mengunjungi Grand Palace, Wat Pho dan Wat Arun atau hanya sekedar merasakan transportasi umum dengan kapal menyusuri sungai Chao Phraya. Belum lagi ada kereta ekspres dari Bandara Suvarnabhumi yang mempersingkat perjalanan dari bandara ke pusat kota.
Rute skytrain, metro dapat dicari di www.bts.co.th sedangkan jika ingin melakukan perjalanan ke kota lain menggunakan bis atau kereta bisa membuka www.seat61.com

Makanan Halal

Urusan makanan memang gampang – gampang susah, patokan saya cari tempat  atau beli yang ada sertifikat halalnya (banyak kok), atau yang berjualan di sekitar masjid. Sebagai bantuan saya suka menjelajah di blognya Lynn di http://zlynn17.blogspot.com serta http://papayapokpok.wordpress.com
Kalau penasaran bisa juga tanya ke penjualnya dengan bahasa Thai Mai Mi Moo? Yang kurang lebih artinya gak pake babi? Pernah mupeng di depan penjual Pad Thai pinggir jalan di Chiang Mai, tapi gak tau halal atau nggaknya, si penjual lihat saya termenung – menung lalu ngomong Mai Mi Moo tadi + menunjukkan bahan – bahan yang dia pakai dan bersertifikat halal😀 (FYI, saya memang pakai kerudung jadi jelas kalau gak bisa makan babik) So, jadilah saya ngemil Pad Thai malam itu.

Menukar Uang
Di Thailand memakai mata uang Baht (THB). 1 THB sekitar Rp 298 – 301,- saat tulisan ini dibuat (Januari 2012). Sangat disarankan menukar Rupiah di Tanah Air atau membawa USD untuk ditukar di sana, karena IDR nyaris tidak ada harganya di sana L dan sedikit sekali tempat penukaran uang yang mau menerima IDR.

Segini dulu soal merencanakan perjalanan ke Bangkok. Di tulisan berikutnya akan membahas tempat wisatanya😀

This entry was published on Januari 26, 2012 at 11:14 am and is filed under Bangkok, Perjalanan, Wisata. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: