Berburu Yoghurt

Dalam seminggu ini nafsu saya akan yoghurt benar2 terpuaskan karena saya bisa datang ke 2 kota penghasil yoghurt di P. Jawa yaitu Bandung dan Batu. Well, sebenarnya bukan penghasil yoghurt, tapi kedua kota ini memiliki banyak peternakan sapi, yang tentunya banyak menghasilkan susu.
Biar susu tidak basi,tahan lama, punya manfaat dan nilai jual yang lebih tinggi tentunya perlu diolah menjadi produk lain yang lebih marketable di antaranya ya yoghurt ini…alias susu yang sudah difermentasi dengan kuman Lactobacillus.

Karena rasanya yang enak dan punya fungsi yang bagus buat pencernaan (buat yang lagi sembelit atau diare coba deh, bermanfaat lho), makanya saya sukaaaaaaaaa banget ma yoghurt ini, jadi setiap ada kesempatan untuk berburu yoghurt di suatu kota bener2 saya manfaatin deh…

Di Bandung, yang terkenal di antaranya adalah Yoghurt Cisangkuy dan BMC, belum lagi yang dijual di Lembang. Berhubung keterbatasan waktu, saat ke Bandung minggu lalu saya hanya mampir ke Yoghurt Odise yang terletak di Jl. Dr. Junjunan 131, Bandung yang mengusung label French Yoghurt. Bukan yoghurtnya yang dari Perancis tapi, kumannya yang dari sono.

Waktu pertama kali makan yoghurt ini saya langsung terpesona ama kelembutannya, tampak padat tapi saat begitu mengenai lidah langsung lumer, tapi saya kemudian terkejut dengan rasa asamnya yang lebih masam dari yoghurt2 lain yang biasa saya cicipi. Tapi jangan kuatir, asamnya tidak menyebabkan sakit maag kumat kok😉
Rasa asam ini mungkin bisa menyurutkan langkah para  primi yang baru berkenalan dengan yoghurt… tapi kalo buat saya sih fine2 aja… Kalo menurutmu gimana, Her?
Di Odise ini yoghurt yang ukuran cup 150 ml dihargai 4000 rupiah, sedang yang 1 L dihargai 24000 rupiah. Selain yoghurt mereka juga menyediakan yoghurt plus buah segar, susu murni, bajigur, bandrek ginseng dan aneka oleh-oleh khas Bandung.

Odise vs Batu

Trus bagaimana dengan yoghurt yang di Batu?
Laban Yoghurt saya peroleh di  Kios Pusat Pemasaran Susu KUD Batu. Produk utama yang dipasarkan di sana adalah susu segar dan susu cair yang telah diberi perasa dalam berbagai macam ukuran. Yoghurt-nya berbentuk cair dengan rasa asam yang pas. Harganya pun cukup murah, untuk isi 200 ml harganya 2500 rupiah. Tidak tersedia rasa plain (harus pesan) dan ukuran besar seperti di Odise. Sama seperti di Bandung, di sini juga menyediakan aneka oleh2 khas kota Batu seperti kripik nangka, kripik kentang, kripik salak, jenang apel.

Ada yang tertarik mau mencoba ke sana? Ini dia alamatnya:

  • Kios Odise
    Jl. Dr. Junjunan 131, Bandung
    Telp: 022-6078201
    Buk: 09.00 – 21.00
  • Kios Pusat Pemasaran Susu KUD Batu
    Jl. Kartini no. 1 Batu 65314
    Telp: (0341) 596311
This entry was published on April 5, 2008 at 12:15 am and is filed under Makanan, Perjalanan. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

16 thoughts on “Berburu Yoghurt

  1. enak euy, komo gratis mah.

    gak terlalu asem juga, masih asem ketek gua kayaknya hahaha… tapi setelah diinget-inget, gua lebih suka yoplait. Odise teksturnya terlalu lembut jadi kurang najong.

    tapi… kalu elu ke bandung lagi, gua nitip yang satu liter yah hehehe

  2. weh, tapi jauh amat ya mesti keluar kota. kalo di pasaran surabaya yoghurt apa yg sip?

  3. @Fahmi
    Di Surabaya gak ada produsen yoghurt😦 Kalo di Supermarket aku biasanya beli merek Biokul (soalnya murah hehehe)
    Merek2 lain kalo gak bikinan Bandung biasanya impor.

    @Herru
    asalnya mau bawain yang 1 L tapi takut kamu gak suka. ya udah kalo ada waktu ke Bandung lagi gw bawain.

  4. wah yang di batu kok saya nggak nemu di pasaran. dimana jalan kartini. kita bisa kok bikin yoghurt sendiri. cuma butuh susu, lactobacillus hidup, ditaruh panci dan dijemur ditutup kain yang nerawang agar nggak dimasuki serangga. waktu fermentasi saya lupa tapi ibu mertua sering bikin ok pernah tinggal di nepal.

  5. @Prof Ismoe
    Pas Alun2 Batu. Masuk dulu Jl. Gajah Mada, dan segera belok kiri ke tempat parkir yang banyak PKL jual makanan. Selain punya KUD Batu ada yang KUD Pujon segala tapi gak sempat diampiri.
    Lactobacillus hidupnya pake Lacto B bisa gak ya?
    Waktu SMA sempat praktikum bikin yoghurt tapi gagal.

  6. Maaf ya mbak sebelumnya, ngomong2 apa pernah buat? ….. mau buat, saya dulu pernah masarkan n cukup buanyak untungnya. mau, saya siap jadi tutornya….

  7. starternya juga gampang kok Mbak tuk buat Yoghurt, tapi jangan-jangan mbak dokter juga udah sering bikin sendiri……… sorry aja. tak link ya mbak keliatannya nyambung, siapa tahu ada bisnis

  8. Mau dunk haus ni???

  9. Yoghurt Cisangkuy tuh mantebh banget… jadi rindu masa2 singkat tinggal di Bandung. Terus di depannya ada ibu2 jualan sate yang mak nyuss bener dah!

    Sering2 nulis makanan yakkk! Walau bete bikin ngiler karna ga bisa ikutan makan, tapi lumayan lah buat bayang2in.. huhuhuh…

  10. ini mah bukan pecinta lagi tapi penggila Yoghurt

  11. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/berburu_yoghurt

  12. Sudah coba “Cheesework” made in Bali? Enak loh.

  13. Saya ingin sekali belajar membuat yoghurtm dimana beli bakteri(starternya).Adakah yang bisa membuat yoghurt seperti di toko pinkberry(LA) atau ada jualannya disini? Trimakasih.

  14. strowbery on said:

    itu yogurt yg di jual non sugar gak ya? soalny buat orang yg kena kencing manis….

  15. strowbery on said:

    ada yg taw penjual yogurt yg non sugar gak?
    tolong info nya dong…ke lynd_84h@yahoo.co.id
    aku tunggu ya guys…tq

  16. hahahhaa senengg jualannya ibu mertuaku laku di internet😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: