Sate Kelopo Ondomohen

Dah lama banget nih gak nulis tentang seri petualangan mencoba makanan, berhubung dah lama banget gak jalan2 keluar Waru🙂

Kali ini saya nyoba Sate Kelopo Ondomohen, sebenarnya ini kali kedua saya ke sana, cuma waktu itu pas gak bawa kamera jadi kedatangan saya kali ini selain pengen nyoba lagi tuh buat nyari bahan posting😀

Jam 7 pagi saya baru nyampe Jl. Walikota Mustajab aka Ondomohen, ternyata di sana udah terbentuk antrian orang yang mau makan. Berhubung saya datang sendirian, jadi agak lebih gampang nyari tempat duduk, tentunya setelah memesan satu porsi sate kelopo termasuk nasi.

Sebenarnya apa sih sate kelopo itu? Sate dari potongan kelapa? Bukan tuh… sate kelopo itu sate daging + sedikit gajih yang ditaburi parutan kelapa yang sudah dibumbui alias serundeng. Kalo mau tampangnya kayak gini nih…

 

Kalo dari penjualnya, kemungkinan besar sate kelopo ini berasal dari tanah di seberang Surabaya alias Madura, yang saya akui merupakan gudang makanan enak😀

10 menit setelah saya memesan, datanglah sang sate yang harum campuran aroma kelapa parut, daging dan bumbu kacang merupakan paduan eksotis (halah..) dan menerbitkan air liur. Nasinya sendiri juga ditaburi sedikit serundeng Cuma sayang gak ada gambarnya.

Rasa satenya sendiri gurih, karena ada sepotong gajih yang menyelinap di antara 3 potong daging disertai serundeng, ditimpali sedikit rasa manis dari bumbu kacang yang halus dan kecap. Hati2, terselip dua buah cabe rawit di dalam bumbu kacangnya.
Buat penggemar masakan gurih seperti saya, satu porsi sate masih terasa kurang. Antrian yang panjang membuat saya membatalkan niat untuk tanduk🙂

 

Kalo ada yang mau ke sana ini dia alamatnya:

Sate Kelopo Bu Asih
Jl. Walikota Mustajab (di trotoar jalan)
Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00 – 12.30

This entry was published on Januari 17, 2008 at 6:54 am and is filed under Daily Life, Makanan, Wisata. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

11 thoughts on “Sate Kelopo Ondomohen

  1. eh, deket sate klopo situ ada tempat makan baru. namanya mie kocok bandung, mang uci. barusan buka, dan aku juga baru sekali mampir ngincipi kesitu. lokasinya nggak di emperan jalan, tapi di dalem gedung, persisnya diantara 2 fotokopoan xerox situ.

    karena baru buka, ya harap maklum kalo semuanya masih belajaran. belom ada kartu nama, belom bisa ngelayani bungkus (kecuali kalo mbawa rantang sendiri). dan kalo ujan lantai putihnya keliatan banget jorok karena nggak ada keset.

    soal rasa mie kocoknya, menurutku biasa2 aja, nggak spesial. mie-nya lebar2 kayak kwetiau, tapi dari material mie kuning biasa. dicampur sama tauge. lauknya potongan kikil sapi. kuahnya bening gurih, mirip banget sama kuah bakso. kondimen peresan jeruk nipis sama sambel. satu porsi dihargai 8.000 rupiah.

    kalo kesitu, aku sarankan nunggu sebulan lagi deh. biar semuanya sudah mapan dulu, biar bisa enak menikmati mie kocoknya hehe.

  2. hai mi,
    ya kayak gitu itu mie kcok bandung🙂 tapi padulu pake kondimen jeruk nipis gak ya? Lupa..
    Waktu itu aku juga lewat kok, mi… tapi belum tertarik buat mampir, ya, mungkin nunggu 1 bulan lagi seperti kamu bilang

  3. aku ngiler Mbak🙂
    duh rasanya pingin ke Sby gerilya panganan gurih, sayang jatah mudik 2 bulan terakhir dah diambil anke morotuwo… *tolah-toleh takut ketahuan dianya*😀

  4. @fahmi : oh.. kapanane liat di jawa pos.. pengen nyoba sih.. penasaran juga..

    Sate di jawa selalu meyelipkan gajih ya.. emang sih bikin lebih gurih, tp kolesterolnya itu lho..😦

  5. di dharmawangsa kao malem ada juga sate kelopo deketnya lampu merah unair, rameeee banget, tapi pas gua coba masih mantab yang ondomohen

  6. dokterpenulis on said:

    hmm.. kapan2 nyoba ah…🙂
    tapi tunggu jasa medis turun…😦

  7. aduh satenya enak banget tuh bu! jadi pengen beli sate ntar malem.. hehehehe

  8. @Cak Moki
    Nyusul dong ke Sby, blg ma anak mertua, ” aku kangen🙂 … belut, sate kelopo”

    @Jie
    Sate Ponorogo masak pake gajih? Kamu dah nyoba sate laler? Tapi adanya di Madura

    @Herru
    untung gak enak, kalo enak kan aku harus nyobain😀

    @dokterpenulis
    semoga cepat turun, trus traktir aku ya…
    Btw, aku belum herr lagi di dr. Dyah😦

    @Gempur
    Kalo sate ini jualnya pagi mpe siang pak

  9. makan terus…waspada dengan berat badan lho…mau ikut wiasata kuliner ke mataram?sambil dtang di marriedku tgl 20 february

  10. ehM. . . . . . . . kayakx Enk bgt Y Jdi Mupeng Nich.

    OK kapan2 Q cobain

  11. aku pernah nyoba, eh ternyata enuak!

Tinggalkan Balasan

