Nasi Krawu Buk Tiban – Gresik

Sepulang dari Lamongan, saya sempat mampir sebentar ke kota Gresik untuk mencicipi salah satu dari sekian banyak makanan khas kota Gresik, yaitu Nasi Krawu. Pada kesempatan ini warung yang saya datangi adalah milik Buk Tiban di Jl. Abdul Karim 49, Gresik.

Nasi Krawu sendiri adalah nasi dengan potongan jerohan dan suwiran daging yang terendam minyak, ditaburi serundeng 2 warna (oranye dan kuning), mangut dan sambel kehitaman yang pedesnya gak ketulungan. Bagi yang tidak suka jerohan bisa memilih nasi krawu dengan suwiran daging saja.

Yang unik dari Nasi Krawu Buk Tiban adalah sebagian besar lauk yang dimasukkan ke dalam pincuk anda diambil menggunakan tangannya tanpa bantuan sendok (kecuali saat mengaduk daging dan mengambil sambel), dan nasi krawu disajikan dalam pincuk bukan piring.

Kalo nasi krawunya sendiri jangan ditanya rasanya, endang bambang gulindang deh… alias oke banget, apalagi buat penggemar masakan yang asin2 seperti saya😀 tapi saya sama sekali belum pernah mencoba yang jerohan. Cuma buat yang gak suka pedas harus waspada sama sambelnya. Selain pedas sekali, warnanya sama dengan mangutnya yaitu hitam kecoklatan. Kalo mau main aman lebih baik minta tanpa sambel. Tapi kalo suka berpetualang dengan rasa, sambelnya sama sekali tidak boleh dilewatkan.

Warungnya sendiri, buka dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Letaknya di Jl. Abdul Karim 49, Telp: (031)3987191, Gresik di depan sebuah madrasah (MI Trate NU nek gak salah). Warungnya tidak terlalu besar, hanya menampung sekitar 10 – 12 orang. Karena tempatnya kecil, dan peminatnya banyak maka siap2 mengantri ya…

Harga satu porsi nasi krawu adalah 7000 rupiah, es jeruk nipis 2000 (tapi gak ada rasanya😀 ), hari itu saya juga membeli dagingnya untuk dibawa pulang dan dihargai 25000 lengkap dengan serundeng 2 warna, mangut, dan sambel. Hanya saja minyaknya agak kurang dari yang biasa disajikan.

So, jangan lupa mencoba nasi krawu kalau berkesempatan mengunjungi Gresik.

 

This entry was published on September 4, 2007 at 12:15 am and is filed under Makanan, Perjalanan, Wisata. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

9 thoughts on “Nasi Krawu Buk Tiban – Gresik

  1. mina <—— akhir2 ini suka sariawan, jadi gak tahan pedes. tapi bikin ngiler hiks hiks….

    gak usah pake sambel, min. masih enak kok. so kapan mau nyobain?

  2. ngiler🙂

    sama😀

  3. Sambelnya pedes…uenaaak🙂

  4. wah, menarik😀
    biasane aku nganter mamaku langganan di buk su.
    kapan2 tak mampir ke buk tiban.
    kira2 enak yg mana ya?

  5. @fahmi!
    mi, yang buk su alamatnya di mana? aku nyariin gak pernah nemu tuh sampe sekarang

  6. emang nasi krawu buk tiben paling enak se Gresik.. benerann.. mantafhhhh euyyyyyyyyyyyy

  7. Meskipun tempatnya kemproh😀

  8. mbok endah on said:

    biasa,enakan di per4an meTATU.

  9. KetaGihAN nIh…………
    Ada CaBanGnYA gAK ya ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: