BABEL

Girang banget setelah berhasil menemukan DVD BABEL dalam versi ekonomis (bukan bajakan kok) yang harganya cuma 15900. Biarpun sudah pernah nonton di bioskop, film ini pantas masuk jajaran koleksi pribadi.

So, weekend kemaren dihabiskan dengan menonton dua buah film yaitu: The Phantom of the Opera dan Babel. Tapi Babel saja yang bakal masuk postingan.

Film peraih Golden Globe Award tahun 2006 ini disutradarai oleh Alejandro Gonzales Inarritu, dan dibintangi oleh di antaranya Brad Pitt, Cate Blanchett, Rinko Kikuchi. Tapi bukan Brad Pitt lho yang bikin saya tertarik menonton film ini.

Empat kelompok orang yang berada di tiga benua yang berbeda, yang saling terkait tanpa pernah bertemu langsung pada saat yang bersamaan.
Mengenai sepasang turis AS (Brad Pitt dan Cate Blanchett) yang mengalami kecelakaan saat berlibur di Maroko (ngapain juga liburan jauh2 begitu J, mbok ya ke tempat yang aman dan tentram he…he… he… ), kecelakaan yang disebabkan oleh dua orang anak kecil yang bermain – main senapan dan mengenai si turis ini. Senapan itu dibeli ayah mereka dari seorang pendamping berburu yang mendapat kenang2an dari seorang pemburu dari Jepang. Di Jepang, pemburu ini memiliki seorang putri yang mencari perhatian dan kasih sayang, terutama setelah ibunya bunuh diri dan mayatnya pertama kali ditemukan oleh Chieko (Rinko Kikuchi). Di benua Amerika, anak2 dari sepasang turis ini dibawa oleh pengasuh anaknya ke Meksiko tanpa seijin orang tua mereka untuk menghadiri pernikahan putra sang pengasuh, yang kemudian berubah menjadi satu bencana saat mereka melarikan diri dari pemeriksaan pos imigrasi.

Film ini lalu membuat saya berpikir, apakah perbuatan2 saya juga punya efek dalam skala yang sama bagi kehidupan orang2 lain tidak saya kenal? Meskipun disertai sebuah niat yang baik bagi orang lain dan diri kita belum tentu membawa kebaikan atau malah mendatangkan masalah seperti dalam film tersebut. Gimana pertanggungjawaban kita, kalo sampai membawa akibat buruk hiks…hiks..hiks…

Herannya, film sebagus ini hanya ditonton oleh 6 orang saat saya menontonnya di sebuah bioskop di selatan Surabaya. Film hantu yang jelas bohongnya yang laris hehehe… Mana ditakut-takutin mbayar pula ck…ck…ck…

Oya, jalan cerita film ini mirip dengan film Crash yang disutradarai Paul Haggis, film ini memenangkan Academy Award tahun 2005. Bedanya, film yang mengambill setting dua hari di kota Los Angeles, adalah kelompok2 orang dengan etnis yang berbeda yang tidak saling terkait, dipertemukan dalam rangkaian2 peristiwa yang tidak terduga dalam hidup mereka. Bagaimana penilaian luar atas seseorang dari kelompok etnis tertentu dapat menjadi keliru, setelah kita berinteraksi, mengerti sudut pandang mereka.

Ayo nonton BABEL ama CRASH!!

This entry was published on Agustus 6, 2007 at 4:03 pm and is filed under Daily Life, Film. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “BABEL

  1. Aku belum nonton… VCD nya taruh dimana sih …? aku cari ditempoat VD kok gak ada ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: